Seburuk itukah Clickbait ? Dibahas Total Disini ! - Alim Yuparham

Seburuk itukah Clickbait ? Dibahas Total Disini !

    Pernahkan kamu membuka sebuah situs, video atau konten dengan sengaja karena penasaran? bukankah aneh bila kita membuka sesuatu baik itu thumbnail maupun judul yang sesuai/tidak harapan kita dan kita berharap kontennya adalah apa yang kita cari? sebagai contoh pada plaform YouTube, pernahkah anda tertipu dengan judul yang sangat mindblowing bahkan tidak masuk akal dan Anda membuka apa yang membuat Anda penasaran tersebut saking penasarannya? Itulah yang dimaksud ClickBait. Seputar Clickbait akan saya bahas disini dengan terperinci agar Anda bisa mengerti dan bahkan dapat menggunakannya untuk iklan Anda!

clickbait
sc:yt frost diamond

Anda mungkin pernah membaca ataupun mendengar kata Clickbait  sebelumnya. Clickbait merupakan salah satu dari strategi menarik audiens agar meningkatkan pengunjung sebuah konten. Clickbait adalah teknik menciptakan judul untuk sebuah konten yang bertujuan untuk menarik pelanggan. Bagi Anda yang telah lama menggunakan media internet pasti seringkali dipengaruhi oleh Clickbait, jangan anggap remeh meng-klik sebuat konten dengan hanya berdasarkan Poster yang menarik bisa saja menghasilkan isi yang tidak sesuai ekspektasi dan harapan kita sama saja sebuah tipuan dan banyak yang telah menjadi korban tapi tidak berdarah, anjay.

Sejarah Clickbait, dilansir dari situs tanyadigital.com Clickbait sendiri berasal dari istilah komik strip yang berdujul The Yellow kid atau Jurnal kuning, Pada tahun 1890-an. Mengapa demikian?  Jurnalisme kuning ini berkaitan dengan surat kabar yang menunjukkan beberapa atau tidak sama sekali memperhatikan akurasi ataupun dari penelitian pada masanya, dengan menawarkan berita utama yang menarik sebagai penjualan banyak makalahnya. Contoh bentuk lain dari berita sensional ini berasal dari jurnal tabloid yang telah ada sejak ribuan tahun lalu, termasuk publikasi tabloid supermarket terkenal, Weekly World News, dan Bat Boy.

Mengapa Clickbait sangat Efektif?

Suatu hal yang biasa terjadi jika iklan membuat perhatian kita ingin membeli suatu produk yang kita butuhkan. Clickbait adalah jenis strategi konten yang memainkan ter-khususnya emosi. Fokus utama dari clickbait dimaksudkan untuk memicu "Takut kehilangan" atau "Fear of missing Out" dalam pikiran seseorang yang memberikan efek psikologis. Dengan memanfaatkan munculnya kecemasan kuat yang dialami komsumen jika menggunakan Clickbait tersebut.


Contoh Clickbait diatas, menjadikannya tersusun sedemikian rupa. Pada akhirnya gambar dan teksnya menunjukkan kepada kita bahwa ia memiliki pengetahuan lebih dari kita, dan kita saking penasarannya akhirnya mengeklik untuk menemukan jawabannya. Clickbait memanfaatkan rasa keingintahuan seorang calon konsumen untuk meng-klik iklan & konten tertentu. 

Bagaimana Mengatur Judul Clickbait yang Baik?

Dilansir dari dewaweb.com, Setelah tahu defenisi Clickbait sebelumnya, atau mungkin kamu sebagai seorang konten kreator bertanya-tanya, bagaimana menciptakan clickbait yang baik supaya bukan jadi merugikan audiens tapi dapat membuat seseorang agar meng-klik konten yang kamu buat. Berikut poin-poin pentingnya;

  • Judul harus sesuai dengan isi konten
  • Mencantumkan bagian yang paling menarik
  • Angka tertentu pada judul
  • Mempertanggungjawabkan Clickbait yang dibuat
  • Mempengaruhi psikologis bawah sadar manusia